THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 14 Januari 2009

Membuat Group Pada Active directory

Raise Domain Functional Level
penyusun : Syarifuddin

Sebelum membuat group-group untuk user, kita akan me-Raise Domain Functional Level dari native Windows 2000 ke Microsoft Windows Server 2003. Pada functional level ini maka kita dapat membuat group-group yang hierarki (turunan) yang hal ini tidak didapat pada functional level native Windows 2000.




Agak binun memang, tapi nanti di tutorial selanjutanya kita akan meng-implementasikannya sehingga jelas, OK

Untuk melakukan hal ini, pertama kita membuka Active Directory Users and Computers. Click kanan pada jakarta.darinol lalu pilih Raise Domain Functional Level. Pada window selanjutanya pilih Microsoft Windows Server 2003 lalu click OK.

Pada bagian ini kita akan mengatur pembuatan group. Sebelumnya wajib membaca tentang Tutorial Raise Domain Functional Level ya... Lalu Group di sini bisa kita ibaratkan seperti Departemen dalam kantor, dan user adalah pegawai-pegawai di departemen masing-masing. Kita akan mengambil contoh seperti departemen-departemen kebanyakan.

Kita akan membuat dua divisi. Divisi Support dan Divisi Program. Di dalam divisi Support ada Departemen Administration, Human Resource, Finance dan Information Technology. Di dalam Divisi Program ada Departemen Marketing, Research dan Data Processing. Terakhir kita akan membuat sebuah group untuk direksi yang bernama General Management.

Berarti kita akan membuat Group-group: General Management, Support Division, Administration, Human Resource, Finance, Information Technology, Program Division, Marketing, Research dan Data Processing. Wow banyak ya� tenang..nanti pada tutorial Shared Folders kita akan mengerti kegunaan group-group ini.

Ok, sekarang kita akan mencoba membuat group-group tersebut. Kita buka Active Directory Users and Computers, click kanan pada jakarta.darinol, pilih new dan Organizational Unit. Lalu beri nama Jakarta Office. Di dalam OU Jakarta Office inilah kita akan buat Group-group tersebut.

Lalu click kanan pada Jakarta Office, pilih new lalu Group. Isilah Group name dengan General Management, Group Scope Global dan Group Type Security. Click Ok maka kita telah membuat Group General Management. Ok sekarang silahkan dilanjutkan untuk membuat sembilan group lainnya.

Group type security berguna untuk memberikan akses pada folder-folder share yang akan kita belajar di tutorial berikutnya, sedangkan group type distribution tidak bisa.

Sekarang kita akan mengatur hierarki untuk group-group di atas. Untuk sementara kita akan mengulang strategi kita..

Group Support Division mempunyai anak buah Group Administrasi, Human Resource, Finance dan Information Technology. Berarti user yang sebagai member dari Group Support Division berhak membuka file-file yang berada di Group-group di bawahnya, tetapi tidak sebaliknya Group administrasi tidak dapat membuka file-file dari Group Support Division. Pahamkan?? Akan lebih paham lagi kalau kita baca tutorial membuat shared folder.

Begitu pula untuk Group Program Division yang mempunyai anak buah Group Marketing Research dan Data Processing.

Ok, silahkan membuka kembali Active Directory Users and Computers. Buka OU Jakarta Office lalu click dua kali pada Group Support Division. Pada window Support Division Properties pilih tab Member Of lalu click add untuk menambah group yang akan berfungsi sebagai anak buah. Ketik nama group lalu check name dan pilih Ok. Diulang untuk semua group yang berada di bawah group Support Division.

Lalukan pula untuk semua group yang berada di bawah grup Program Division.


Tidak ada komentar: